5 Wisata Religi di Riau yang Kental dengan Pengaruh Arab
Masjid Raya An Nur Pekanbaru (simas.kemenag.go.id)

Bagikan:

Riau menjadi salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki banyak situs-situs religi. Daerah yang terletak di Sumatra bagian Timur ini memiliki budaya melayu islam yang sangat kental.

Wisata religi di Riau merupakan peninggalan sejarah penyebaran agama islam di daerah ini. Oleh karena itu, di destinasi tersebut pengunjung tak hanya melakukan wisata religi, namun juga wisata budaya dan sejarah.

Berikut ini destinasi wisata religi yang wajib anda kunjungi ketika sedang berada di Riau.

    1. Istana Siak Sri Indrapura

Tempat peninggalan sejarah Islam ini berada di Kota Siak Sri Indrapura, Kabupaten Siak, Riau. Bangunan ini menyimpan nilai sejarang yang sangat kaya.

Istana Siak atau Istana Asserayah Hasyimiah merupakan peninggalan Kesultanan Siak Sri Indrapura. Istana yang menjadi rumah kediaman Sultan Siak ini mulai dibangun pada tahun 1889 dan selesai pada tahun 1893.

Arsitektur bangunan istana ini merupakan campuran gaya melayu, timur tengah, dan eropa. Hal itu dikarenakan daerah ini dulunya menjadi saksi persebaran tiga budaya tersebut.

Di Istana Siak tersimpan benda-benda peninggalan kerajaan, seperti mahkota kerajaan, kursi singgasan, tombak, payung, dan sebagainya.

Wisata Istana Siak terkenal di kalangan wisatawan mancanegara maupun wisatawan domestik.

 

2.    Masjid Agung Madani

Masjid ini terbilang sebagai masjid termegah di Asia Tenggara. Masjid Agung Madani berada di Pasir Pangarairan, Rokan Hulu, Riau. Pda tahu 2015, Kemenag RI menobatkan masjid ini sebagai masjid percontohan paripurna terbaik se-Indonesia.

Masjid Aguung Madani cuku luas, mampu menampung 10 ribu jamaah. Rata-rata pengunjung yang datang sekitar 300 sampai 500 orang perhari.

Masjid yang megah ini memiliki kubah utama dengan diameter 25 meter dan tinggi 55 meter. Selain itu, terdapat juga 4 menara setinggi 66.6 meter dan satu menara setinggi 99 meter.

Fasilitas yang disediakan di masjid ini sangat lengkap. Pengunjung tidak perlu cemas karena sudah tersedia MCK, perpustakaan, ruang belajar, TV Madani, poliklinik, aula serbaguna, dan toserba.

 

3.    Masjid Raya An Nur

Masjid yang menjadi ikon Riau ini berada di Jalan Hangtuah, Simahilang, Pekanbaru. Masjid Raya An Nur populer disebut mirip Taj Mahal di India.

Masjid yang berdiri pada 19 Oktober 1968 ini merupakan masjid terbesar di Pekanbaru. Arsitektur masjid ini dipengaruhi campuran gaya melayu, Arab, dan India. 

Bangunan masjid ini memiliki dua lantai atau dua tingkat. Lantai bawah menjadi tempat kantor dan ruang rapat. Ada sekretariatan masjid dan kelas pengajaran Islam. Sementara itu, lantai atas digunakan untuk sholat.

Masjid megah ini memiliki empat menara di empat penjuru masjid. Empat menara tersebut simbol dari empat sahabat Rasulullah. Desain masjid ini banyak mengambil referensi dari Masjid Nabawi Madinah dan Majidil Haram Mekah.

Di masjid ini juga terdapat satu kubah besar dan empat kubah kecil, yang berbentuk gasing terbalik. Warna hijua, kuning, dan merah pada kubah tersebut merupakan warna dalam adat Riau.

Masjid ini ramai didatangi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Selain untuk beribadah, tujuan lain wisatawan datang ke tempat ini adalah untuk berfoto dengan kemegahan masjid.

 

4.    Makam Syekh Abdurrahman Siddiq

Syekh Abdurrahman Siddiq merupakan seorang mufti di Kerajaan Indragiri. Ia menjadi mufti diangkat oleh Sultan Mahmud Shah (Raja Muda) pada tahun 1919-1939.

Ulama besar ini lahir tahun 1857 di Kalimantan Selatan, tepatnya di Kampung Dalam Pagar Martapura. Saat dewasa ia memutuskan merantau ke Padang, Sumatera Barat untuk menimba ilmu agama.

Setelah menamatkan pendidikannya, tahun 1887, ia langsung berangkat ke Makkah. Di tanah suci umat Islam tersebut ia menghadiri majelis-majelis besar di sana. Tak hanya itu, ia juga bergabung dengan halaqah-halaqah dan menjadi pengajar di Masjidil Haram.

Makam bersejarah ini berada di Kampung Hidaya Sapat, Kecamatan Kuala Indragiri, kabupaten Indragiri Hilir. Setiap hari, makam ini ramai oleh peziarah dari berbagai daerah, baik pengunjung lokal maupun mancanegara.

 

Itu tadi beberapa tempat wisata religi di Riau yang wajib anda kunjungi ketika sedang berada di kota tersebut. 

 

Ikuti Terus berita dalam negeri dan luar negeri terbaru dari VOI.