Kecuali Bobby Nasution, Semua Boleh Daftar untuk Pilgub Sumut Lewat PDIP
Wali Kota Medan Bobby Nasution/DOK Instagram bobbynst

Bagikan:

JAKARTA - Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan DPD PDIP Provinsi Sumatera Utara sudah mulai menerima pendaftaran bakal calon di Pilkada 2024. Semua boleh daftar tapi tidak dengan Wali Kota Medan Bobby Nasution yang juga menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Sudah ada pendaftaran-pendaftaran di daerah-daerah,” kata Hasto mengawali pernyataannya soal Pilkada 2024 di kediaman Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat malam, 12 April.

“Sumatera Utara kemarin sudah melaporkan semua boleh mendaftar kecuali Mas Bobby. Itu usulan dari bawah,” sambungnya.

Selain Sumatera Utara, DPC PDIP Kota Surakarta juga sudah melakukan hal yang sama. Ketua DPC PDIP Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo disebut Hasto sudah melaporkan proses penjaringan kekinian siap dilakukan.

“Tetapi selama proses pendaftaran ini berlangsung, hal-hal yang menjadi kritik terbesar atas pelaksanaan pemilu 2024 yang diwarnai abuse of power, penggunaan aparatur negara, sumber-sumber negara itu harus diatasi dulu. Kalau tidak, tidak ada gunanya pemilu,” tegas Hasto.

Diberitakan sebelumnya, Bobby Nasution hadir ketika Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto memberikan pengarahan bagi para kader yang akan maju di Pilkada 2024 pada Sabtu, 6 April. Hanya saja, ia tidak menjawab soal statusnya di partai berlambang beringin tersebut.

Sementara itu, Airlangga menyebut para tokoh yang hadir dalam pengarahan adalah kader. Namun, dia belum mau bicara soal pengumuman Bobby kini sudah berganti partai.

"Akan pada saatnya nanti kami beri atau diputuskan akan menjadi kader," tutur Airlangga di lokasi yang sama.