Memahami Tren SEO pada Dunia Bisnis di 2022
SEO tools adalah alat bantu kerja praktisi SEO dalam menjalankan aktivitas tersebut. (foto: dok.pixabay)

Bagikan:

JAKARTA -Memilih search engine optimization (SEO) tools yang tersedia di market atau internet saat ini terkadang membingungkan. Ada tools dengan fitur ala kadarnya. Ada pula yang memiliki keunggulan namun pada satu aspek saja. Padahal, tren SEO terus berkembang dinamis, hingga membutuhkan banyak adaptasi di sana-sini.

Sekilas Mengenai SEO Tools

Berdasarkan informasi di Saungwriter.com, SEO tools adalah alat bantu kerja praktisi SEO dalam menjalankan aktivitas tersebut. Mulai dari memberikan informasi permasalahan yang ada di dalam website hingga saran optimasi.

Untuk mendapatkan keyword atau kata kunci yang tepat, Anda butuh  SEO tools. SEO tools ini nantinya akan bertugas untuk mendapatkan keyword yang bagus. Dengan demikian, artikel yang dibuat memiliki power untuk memenangkan persaingan di  mesin pencari.

Tren SEO di Tahun 2022

Transformasi digital terjadi begitu cepat sejak awal Pandemi Covid-19. Penerapan PPKM dan kampanye di rumah saja membuat masyarakat terbiasa dengan digitalisasi. 

Asia Tenggara tercatat mengalami pertumbuhan transaksi digital tertinggi, Bahkan, perkiraan nilai barang dagangan bruto e-commerce menyentuh angka 254 miliar dolar AS (Rp3.639 triliun) dalam waktu lima tahun ke depan. Indonesia secara luar biasa memimpin dalam hal ini.

Dengan fakta tersebut perusahaan-perusahaan terus bersaing untuk menarik pelanggan. Hanya saja, tingginya biaya iklan digital membuat perusahaan berusaha keras dengan cara mengoptimalkan strategi organic search mereka.

Apalagi, channel organic search kini sudah sangat dinamis. Google telah melakukan lebih dari 3.000 algoritma update pada tahun 2021.

Kemudian, Google juga berencana untuk mengurangi resource yang mereka gunakan untuk meng-crawling website dengan penerapan protokol Index Now yang sedang mereka kerjakan.

Saat ini adalah momen penting, karena setelah pandemi, ada perubahan besar dalam kebiasaan konsumen. Oleh karenanya, diperlukan penerapan strategi dan teknologi organic yang tepat serta berkelanjutan. Tujuannya untuk memenuhi demand yang meningkat.

Perusahaan Indonesia yang inovatif tentu memiliki peluang besar untuk menjadi pemenang di organic search dengan cara yang efisien dan tanpa ketergantungan terhadap iklan berbayar.

Apabila dilihat secara menyeluruh, perubahan kebijakan privasi membuat paid media jauh lebih tidak efektif. Sebab, ada tuntutan lebih besar dalam transparansi data, fitur cookie yang dihapus, serta meningkatnya tuntutan pertumbuhan dan kinerja bisnis.

Maka dengan marketing resource dan pengembangan yang menurun, sudah jelas bahwa business case untuk organic search semakin dibutuhkan .

Pada akhirnya, organic search akan memegang peranan yang penting. Para praktisi SEO harus bisa menjadi penentu kebijakan dengan menerapkan business case tepat dan mempresentasikan hal-hal yang bisa diperbaiki demi meningkatkan performa bisnis.

Langkah Hadapi Tren SEO 2022

Mengetahui tren SEO baru di 2022 akan membantu Anda dalam membuat konten yang lebih optimal. Hal ini juga akan berpengaruh pada pemilihan strategi marketing yang tepat. Berikut adalah langkah yang patut Anda coba : 

Situs Mobile-friendly

Membuat sebuah website yang mobile-friendly tetap jadi tren bagi SEO di tahun 2022. Sebuah website yang mobile-friendly adalah salah satu hal mendasar jika konten SEO Anda tetap sukses.

Google menggunakan mobile-first index sebagai salah satu faktor rangkingnya. Dengan demikian, apabila sebuah website tidak mobile-friendly, ranking di hasil pencarian akan terpengaruh.

Semantic Search

Salah satu tren SEO di tahun 2022 adalah semantic search, yakni fokus strategi mengetahui konteks dan intensi sebuah pencarian. Hal ini sangat penting, karena dapat memberikan user experience yang lebih baik bagi user.

Untuk bisa membuat konten yang sesuai dengan semantic search, buatlah konten untuk user, bukan mesin pencari. Fokuslah memberikan apa yang dicari user.

Evergreen Content

Menulis evergreen content, atau konten yang relevan hingga jangka waktu lama, adalah salah satu tren SEO di 2022. Anda harus membuat konten yang akan tetap relevan hingga 6 bulan hingga 1 tahun lebih setelah dipublikasikan.

Kesimpulan

Tren SEO terus berkembang dinamis. Para pelaku bisnis digital wajib memahami hal itu serta peka terhadap perubahan yang ada. Apalagi, transformasi digital terjadi begitu cepat sejak awal Pandemi Covid-19.

Maka, para praktisi SEO harus bisa menjadi penentu kebijakan dengan mengambil strategi, serta penggunaan tools yang tepat. Kemudian, pembuatan konten yang bersifat relevan dan evergreen dianggap paling tepat untuk menyesuaikan dengan tren SEO 2022 ini.

Perusahaan memiliki peluang besar untuk menjadi pemenang di organic search dengan cara yang efisien tersebut dan tanpa ketergantungan terhadap iklan berbayar.