6 Wisata Alam Riau yang Eksotis dan Sayang Untuk Anda Lewatkan
Pulau Jemur (Riau.go.id)

Bagikan:

Menjadi salah satu provinsi terkaya di Indonesia, Riau memiliki sumber daya alam yang berlimpah. Kekayaan alam yang berlimpah ini membuat di Provinsi Riau terdapat banyak potensi wisata alam.

Tempat wisata alam Riau tersebar di berbagai wilayah. Objek wisatanya sangat lengkap dan bervariasi, ada wisata pantai, perbukitan, air terjun, sungai, danau, dan hutan.

Wisata-wisata alam di Riau memang tidak sepopuler Belitung, Sulawesi, dan daerah lain di Pulau Jawa. Namun justru karena itulah alam di Riau masih terjaga dengan alami. Karena hal itulah, boleh dibilang wisata alam di Riau menawarkan pemadangan yang eksotis.

Wisata alam Riau sangat rekomended bagi masyarakat lokal maupun wisatawan mancanegara untuk dijadikan destinasi liburan.

Berikut daftar wisata alam di Riau yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Desa Okura Pekanbaru

Okura merupakan nama desa wisata yang berlokasi di Jl. Raja Panjang Okura, Tebing Tinggi Okura, Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru. Tempatnya berada di perbatasan antara Kabupaten Pelalawan dan Kabupaten Siak.

Desa Okura menawarkan wisata alam yang sangat indah dan menarik. Di desa ini wisatawan bisa menunggang kuda, menaiki perahu menyeberangi Sungai Siak, dan memancing di Sungai Siak.

Wahana yang menjadi andalan Desa Okura adalah Agrowisata. Di agrowisata ini wisatawan bisa memetik buah secara langsung dari kebunnya.

Tarif untuk menikmati wahana di tempat ini cukup terjangkau. Tarif busa air Rp15.000, berkuda Rp30.000, memanah Rp30.000 – Rp50.000, privat lesson Rp150.000.

Teluk Rhu Rupat

Teluk Rhu Rupat merupakan wisata alam pantai di Riau. Wisata pantai ini berada di Teluk Rhu, Kec. Rupat Utara, Kab. Bengkalis. Pantai yang panjangnya sekitar 13 kilometer ini menghadap arah utara, ke Selat Malaka.

Di tempat ini wisatawan bisa menikmati suasana dan pemandangan alam pantai dan laut yang masih alami. Jika cuaca sedang cerah wisatawan bisa melihat pemandangan samar-samar perbukitan Malaysia.

Daya tawar lain dari pantai ini, yaitu wisatawan bisa berinteraksi langsung dengan warga lokal atau nelayan setempat. Wisatawan juga bisa melihat pembuatan ikan asin.  

Akses menuju Teluk Rhu Rupat tidak sulit. Apabila lewat jalur darat, wisatawan bisa menuju ke Pelabuhan Roro untuk menyeberang dari Kota Dumai ke Pulau Rupat.

Bagi yang ingin lewat jalur laut, bisa juga. Wisatawan menaiki perahu dengan tarif 105 ribu untuk menuju ke sana. Perjalanan yang ditempuh sekitar 1,5 jam.

 

Bukit Ulu Kasok

Tempat wisata ini berada di Desa Tanjung Alai, Kec. XIII Koto Kampar, Bukit Ulu Kasok. Bukit Ulu Kasok  merupakan wisata perbukitan yang cocok bagi wisatawan yang suka pemandangan ketinggian dan berkemah.

Wisata Alam Ulu Kasok menyediakan fasilitas yang sangat lengkap. Mulai dari bumi perkemahan, rumah makan, toilet, dan spot foto.

Bagi yang suka foto-foto, tempat ini punya spot foto dengan latar belajang Danau Koto Panjang yang eksotis.

Biaya masuk Wisata Alam Ulu Kasok sangat ramah kantong. Wisatawan hanya perllu mengeluarkan uang Rp10.000 per orang. Sementara untuk biaya parkiranya, kendaraan roda dua Rp2000 dan roda empat Rp5000.

 

Pulau Jemur

Pulau Jemur menjadi destinasi wajib bagi wisatawan yang berkunjung ke Riau. Pulau ini merupakan gugusan Kepulauan Arwah. Lokasi Pulau Jemur berada di Kecamatan Pasir Limau Kapas, Kabupaten Rokan Hilir, Riau.

Pulau yang tidak berpenghuni ini terkenal sebagai permata dari Selat Malaka. Sebab konservasi alam di sini masih sangat alami dan terjaga. Wisatawan bisa bersnokling sambil melihat keindahan terumbu karang.

 Selain itu, tempat ini juga menawarkan kekayaan alam berupa habitat penyu hijau. Selain penyu, di pulau ini juga menjadi tempat banyak satwa eksotik.

Akses menuju lokasi ini sangat mudah. Wisatawan bisa berangkat dari Pelabuhan Bagan Siapiapi, lalu menyeberang menaiki kapa ferry dengan perjalanan sekitar 2 jam.

Harga tiket kapal ferry Rp260.000 per orang. Jika ingin lebih puas lagi, wisatawan direkomendasikan untuk menginap dengan membawa tenda sendiri.

 

Air Terjun Pangkalan Kapas

Tempat wisata ini berada di Lubuk Bigau, Kampar Kiri Hulu, Kab. Kampar, Prov. Riau. Air Terjun Pangkalan Riau cocok bagi wisatawan yang ingin menikmati kesegaran alam.

Air terjun ini memiliki ketinggian 150 meter dan menjadi air terjun tertinggi di Provinsi Riau. Tempat ini memiliki banyak goa-goa kecil dan spot buta di bawah aliran air. Spot tersebut bisa digunakan sebagai tempat berkemah.

Tiket masuk Air Terjun Pangkalan Kapas murah sekali. Wisatawan hanya perlu membayar Rp2000.

 

Danau Koto Panjang

Tempat wisata ini berada di Desa Tanjung Alai, Kecamatan XII Koto, Kab. Kampar. Danau Koto Panjang cocok bagi wisatawan yang ingin memancing, berkemah, atau bersantai.

Meski tidak terhitung luas, danau ini menawarkan ekosistem alam yang masih alami dan terjaga. Tempat yang eksotis ini bisa diakses tanpa perlu membayar tiket masuk.

Itu tadi 6 wisata alam yang sayang untuk anda lewatkan ketika sedang berada di Riau. Keindahan alam yang eksotis akan membuatmu malas untuk pulang. Rasanya pengen lama-lama berada di tempat tersebut. 

Ikuti Terus berita dalam negeri dan luar negeri terbaru dari VOI.