Begini Langkah Buka Toko dan Berjualan di Shopee untuk Pemula
Aplikasi Shopee (dok. Shopee)

Bagikan:

Sekarang, setiap orang bisa berjualan produk di manapun dan kapan saja berkat adanya marketplace. Salah satu market place yang populer digunakan adalah Shopee.

Banyak orang tertarik berjualan di Shopee karena fiturnya yang mudah dan jangkauan pasarnya yang banyak. Para pelaku bisnis online mendapatkan banyak omset lewat jualan di Shopee.

Cara berjualan di Shopee sangatlah mudah. Berikut langkah-langkah berjualan di Shoppe bagi pemula.

Membuat Akun Shopee

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membuat akun di Shopee. Untuk mendaftar akun Shopee, anda harus menyiapkan email dan nomor telepon.

Lalu, anda akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran. Setelah itu, anda akan mendapat email aktivasi yang berisi kode OTP. 

Mulai Membuka Toko

Setelah pendaftaran akun berhasil, anda sudah bisa membuka toko. Berikut ini cara membuka toko di Shopee:

·         Masuk ke situs Shopee terlebih dahulu

·         Pilih fitur “Jual” yang berada di sudut kiri atas

·         Setelah itu, isilah profil toko anda. Tulis deskripsi toko, pasang foto profil, dan memasang banner.

Jika sudah, maka langkah membuka toko anda telah berhasil. Selanjutnya lengkapilah keterangan toko anda dengan alamat. Lalu tambahkan jasa pengiriman yang mau anda gunakan dan transaksi yang digunakan di Shopee.

Mengupload Produk

Langkah selanjutnya adalah mengunggah produk yang anda jual. Pilih gambar/foto produk yang memiliki kualitas visual bagus. Foto produk jangan asal-asalan karena ini berpengaruh pada kejelasan produk dan kesan profesionalitas toko anda.

Jangan lupa untuk membuat foto produk yang bisa menarik konsumen. Anda bisa memakai berbagai teknik fotografi atau berbagai model desain dalam postingan produk anda.

Lalu lengkapi keterangan produk anda. Tulis deskripsi produk, nama produk, jenisnya, ukuran, merek, kelebihan, bahan, dan sebagainya.

Memasarkan Produk Anda

Setelah produk anda terunggah atau muncul di etalase toko, bukan berarti langkah jualan telah selesai. Selanjutnya anda harus memasarkan produk anda.

Anda harus melakukan promosi agar jangkauan pasar anda luas, sehingga peluang peningkatan penjualan meninggi. Perlu anda tandai, setiap jam 4 Shopee selalu membuka kesempatan kepada penjual untuk menaikkan produknya.

Ada berbagai strategi pemasaran yang bisa anda terapkan. Silakan anda pilih mana yang sesuai dengan konsep bisnis dan kebutuhan anda. Salah satunya anda bisa gencar promosi melalui media sosial untuk meningkatkan penjualan.

Ikuti Terus berita dalam negeri dan luar negeri terbaru dari VOI.