Trik Memasarkan Produk di Tiktok, Cepat Banjir Orderan
Ilustrasi ( Image Credit: Hello I'M Nik / Unsplash)

Bagikan:

Pebisnis online atau olshop selalu gencar melakukan promosi agar dapat memikat target market. Salah satu media sosial yang bisa digunakan untuk memasarkan produk adalah Tiktok. Selain digunakan untuk hiburan, kini tiktok banyak dimanfaatkan untuk berjualan.

Tren promosi produk di Tiktok mulai muncul pada awal 2020. Platform yang rilis tahun 2017 ini menyediakan banyak fitur yang mendukung keperluan bisnis. Terlebih lagi Tiktok memiliki jangkauan pengguna yang luas.

Mempromosikan produk di Tiktok sangatlah mudah. Namun jika ingin  berjualan dengan sukses di Tiktok, ada langkah-langkah yang perlu anda lakukan.

Berikut ini adalah trik memasarkan produk di Tiktok yang membuat bisnismu banjir orderan.

Mengubah menjadi Akun Bisnis

Sama seperti Instagram, Tiktok juga menyediakan fitur akun bisnis. Oleh karena itu, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mengaktifkan akun bisnis.

Berikut ini adalah tahapan untuk mengaktifkan akun bisnis di Tiktok:

·         Unduh aplikasi Tiktok di App Store untuk perangkat IOS dan di Play Store untuk perangkat android

·         Mulai membuat akun, mengisi data-data bisnis anda; bikin nama akun anda, sesuai dengan nama toko atau produk anda. Masukkan email yang sama dengan email bisnis anda

·         Setelah pendaftaran berhasil, atur akun anda menjadi akun bisnis

·         klik ‘Saya’

·         klik tanda titik tiga yang ada di pojok atas

·         Pilih ‘Kelola Akun Saya’

·         Pilih ‘Alihkan ke Akun Bisnis’

·         Pilih kategori bisnis yang sesuai

·         Pasang foto profil. Pilih foto yang sesuai dengan toko atau produk anda. tulis bio berisi keterangan bisnis anda

·         Sematkan link jualan anda di e-commerce 

Bikin Konten Video yang Menarik

Konten video jualan sudah ada banyak di Tiktok. Oleh karena itu, buatlah video semenarik mungkin agar mengundang antusias target pasar anda. Jika konten anda menarik, akan semakin banyak yang tertarik dengan video anda.

Ada beberapa hal yang perlu anda terapkan. Buatlah video yang kreatif. Pelajari hal yang sedang menjadi tren di Tiktok. Cari konten yang berbeda dengan kompetitor lain. Bikin orang penasaran dengan produk anda.

Unggah Video Proses Pembuatan

Kepercayaan konsumen adalah hal penting bagi pemilik bisnis. Anda harus membuat konsemen nyaman dengan produk maupun pelayanan anda. Oleh karena itu buatlah toko atau produk anda terlihat profesional.

Anda bisa membuat konten yang berisi video proses pembuatan produk anda. Video tersebut disebut juga dengan istilah behind the scene. Video tersebut akan membuat orang semakin percaya dan tertarik dengan produk anda.  

 Unggah Video Tutorial atau Cara Penggunaan Produk

Cara lain membuat konsumen percaya, salah satunya adalah dengan membuat video edukasi. Anda bisa menayangkan video yang berisi tata cara penggunaan atau perawatan produk anda. Video tersebut juga akan membuat konsumen yakin bahwa pemilik bisnis benar-benar memahami dan menguasai bidang atau produk yang anda jual

Kerja Sama dengan Influencer

Salah satu strategi marketing yang jitu lainnya adalah promosi memakai jasa influencer. Ajak influencer mengulas produk anda. Influencer bisa juga menceritakan pengalaman penggunaan produk anda.

Banyaknya follower influencer akan membuat produk anda menjangkau semakin banyak orang. Pastikan anda memilih influencer yang sesuai dengan jenis produkmu, karakter brandmu, atau target pasarmu.

Bermain Hastag Challenge

Hastag challenge yang ada di Tiktok bisa dimanfaatkan untuk berjualan.  Di Tiktok terdapat banyak sekali challenge yang bisa anda pilih. Beberapa challenge yang cukup populer, di antara Fridge Challenge, Pass the Brush Challenge, Any Song Challenge, dan yang lainnya.

Selain hastag challenge, anda juga bisa memanfaatkan hastag populer yang biasa muncul di pencarian. Hastag yang anda pilih harus relevan dengan bisnis atau produk anda, agar efektif menjangkau sasaran pasar.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri terkini di VOI.