Cara Optimasi Konten Youtube agar Muncul di Mesin Pencarian
Ilustrasi Tim Produksi VOI

Bagikan:

Menempati rating teratas menjadi impian setiap konten kreator Youtube. Seorang youtuber pasti ingin akunnya di suscribe banyak orang, memiliki ribuan bahkan jutaa viewers, mendapat banyak jam tayang, dan kebanjiran like.

Namun untuk membuat Youtube anda banyak dikunjungi orang ada beberapa trik yang harus dilakukan. Tidak hanya harus rajin mengunggah konten, anda juga perlu mengoptimasi channel anda. Tujuannya agar konten anda selalu muncul di mesin pencarian.

Berikut cara-cara optimasi channel youtube supaya konten mendulang traffic yang bagus.

Membuat thumbnail yang menarik/clickbait

Thumbnail merupakan kaver video atau gambar sampul dalam konten anda. Sama seperti judul, thumbnail juga memiliki strategi SEO sendiri. Untuk membuat video anda banyak diklik atau ditonton oleh orang, maka anda perlu membuat cover semenarik mungkin.

Buatlah thumbnail yang menggoda orang untuk mengklik video anda atau membuat orang penasaran. Thumbnail yang mengandung clickbait terbukti mempunyai peringkat yang tinggi. Cara membuat thumbnail yang menarik bisa dengan menuliskan kata-kata yang atraktif atau persuasif, misalkan; fantastis, rahasia, mengejutkan, viral, wow, dan sebagainya.

Menulis judul dan deskripsi yang menarik

Sama seperti konten tulisan, video youtube anda juga harus dibuat semenarik mungkin. Tulislah judul yang clickbait sehingga banyak orang terpikat dengan video anda. Yang paling utama adalah anda harus menyisipkan kata kunci dalam judul anda. Kata kunci harus sesuai dengan isi konten anda.

Deskripsi video anda juga harus ditulis semenarik mungkin. Buatlah deskripsi yang menggambarkan isi konten anda, detail, berisi kesimpulan, dan menjawab kebutuhan orang. Di dalam deskripsi anda juga harus menuliskan kata kunci.

Tulislah kata kunci yang banyak dicari orang. Cara mengetahui kata kunci tersebut adalah dengan membaca algoritma search enginer di Youtube.

Ajak orang untuk berkomentar di video anda

Youtube mempunyai mesin penghitung engagement dalam video anda. Semakin banyak interaksi yang terjadi dalam video anda, maka youtube akan memberikan nilai plus. Engagement di Youtube tidak hanya ditentukan oleh durasi video, jam tayang, like, dan share, namun juga pada komentar.

Oleh karena itu, semakin banyak komentar yang terdapat di video anda maka nilai engagementnya akan semakin tinggi. Untuk mengundang banyak komentar bisa dengan cara membuat video yang menarik atau mengajak teman-teman anda untuk berkomentar.

Itu tadi beberapa hal yang bisa membatu video anda memperoleh traffic tinggi. Anda harus membuat video yang dikemas dengan tiga teknik tersebut. Cobalah, maka anda akan mendapatkan hasil yang luar biasa pada konten anda.

Ikuti dan baca terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI.